Posted by: p4mriubh | January 30, 2011

Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika

Pendekatan dalam pembelajaran matematika, dapat diklasifikasikan ke dalam empat pendekatan, yaitu:

  1. Pendekatan mekanistik. Pendekatan ini menekankan pada hafalan pengetahuan dan memberi perhatian pada produk tidak pada proses. Siswa cenderung menghafalkan suatu rumus tanpa mengerti bagaimana rumus itu diperoleh dan mengapa rumus itu dipakai dalam menyelesaikan suatu masalah. Contohnya, apabila seorang siswa diberi sebuah soal tentang perkalian, siswa langsung mendapatkan hasilnya karena telah hafal dengan tabel perkalian bilangan.
  2. Pendekatan empiristik. Pendekatan ini memberi siswa kesempatan untuk menggunakan benda-benda konkrit seperti lidi atau biji-bijian atau diagram atau skema, untuk menyelesaikan suatu masalah. Pada pendekatan ini, matematisasi horizontal digunakan secara dominan, tetapi matematisasi vertikal sedikit atau tidak digunakan.
  3. Pendekatan strukturalistik. Pendekatan ini mengenalkan keteraturan atau struktur, seperti pendekatan Dienes. Siswa tidak diberi ruang untuk untuk mulai dengan pendekatan informal. Pada pendekatan ini matematisasi vertikal digunakan secara dominan.
  4. Pendekatan realistik. Pendekatan ini dimulai dengan memberikan masalah kontekstual atau realistik kepada siswa. Masalah yang diberikan bisa dalam bentuk soal cerita atau gambar dalam bahasa matematika, kemudian siswa diberi kebebasan untuk menemukan strategi yang dapat digunakannya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Guru bertugas membimbing siswa untuk melihat keteraturan atau pola yang mereka gunakan, kemudian guru membimbing siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan aturan-aturan dalam matematika. Pada pendekatan ini diperhatikan dan diterapkan matematisasi horizontal dan vertikal. Pada pendekatan ini siswa dibimbing mengkonstruksi atau merekonstruksi- istilah yang digunakan Freudenthal ialah menemukan (to invent) atau menemukan kembali (to reinvent) pengetahuan matematika itu.

(dalam “Matematisasi Horizontal dan Mateatisasi Vertikal” oleh Yansen Marpaung)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: